PERBEDAAN MINAT MEMBELI DI MEDIA ONLINE DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Main Author: | RUBIANTI, LIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28582/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini, banyak masyarakat yang menggunakan situs jejaring sosial yang tidak hanya dijadikan sebagai sarana komunikasi tetapi juga dijadikan sebagai sarana untuk melakukan pembelian suatu produk. Minat masyarakat pun berbeda-beda dalam melakukan pembelian, salah satunya di media online yang mengundang banyak perhatian, khususnya para mahasiswa. Kepribadian dapat menjadi variabel yang berguna dalam menganalisis minat membeli seseorang dalam pemilihan suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan minat membeli di media online ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert atau introvert. Metode pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, dengan alat ukur berupa skala minat membeli dan skala Eysenck Personality Inventory (EPI). Jumlah subjek penelitian adalah 107 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat membeli di media online ditinjau dari tipe kepribadian dibuktikan dengan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh nilai F sebesar 0.881 dengan p value 0.02 lebih kecil dari 0.05. Bahwa tipe kepribadian ekstrovert lebih berminat dalam membeli di media online (30.27%) dibandingkan dengan tipe kepribadian introvert (28.04%).