PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD)

Main Author: Hatiningsih, Nuligar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28570/
Daftar Isi:
  • Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif yang sering disebut sebagai Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) yaitu suatu sindrom neuropsikiatrik yang akhir-akhir ini banyak ditemukan pada anak-anak, biasanya disertai dengan gejala hiperaktif dan tingkah laku yang implusif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih dalam apakah kemampuan konsentrasi anak ADHD bisa ditingkatkan dengan pemberian play therapy. Metode penelitian yang digunakan adalah single subjek experimental design. Subjek dalam penelitian sejumlah 3 anak ADHD. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan intervensi. Analisa data yang digunakan adalah analisa grafik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa play therapy dapat meningkatkan konsentrasi pada anak ADHD.