MINAT MASYARAKAT UNTUK MENONTON TAYANGAN VARIETY SHOW GEBYAR BCA (Studi Pada Masyarakat di Kelurahan Purwantoro Kota Malang)
Main Author: | RAHMADITA, FEBRIANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28544/1/jiptummpp-gdl-febrianara-30186-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28544/2/jiptummpp-gdl-febrianara-30186-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28544/ |
Daftar Isi:
- Semakin ketatnya persaingan acara televisi maka upaya yang harus dilakukan stasiun televisi yaitu dengan meningkatkan program siarannya kalau tidak ingin ditinggalkan penontonnya. Karena itulah masalah perencanaan program acara harus mengacu pada selera, keinginan serta kebutuhan khalayak dan tentu saja teknik penyajiannya, salah satunya yaitu tayangan iklan TV Gebyar BCA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah minat untuk menonton tayangan variety show Gebyar BCA ? Berdasarkan latar belakang penelitian dan rumusan masalah maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat untuk menonton tayangan variety show Gebyar BCA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,dengan subyek penelitian adalah masyarakat yang memiliki usia di atas 17 tahun dan memiliki pendidikan minimal SMP dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses terkait dengan minat untuk menonton acara tayangan variety show Gebyar BCA yaitu melalui beberapa proses yaitu meliputi penonton selalu mengikuti tayangan kuis interaktif, penonton tertarik dengan hadiah tahapan, penonton menyukai penyayi ditampilkan, selalu mengikuti musik yang mengiringi para penyayi dan penonton menanti segmen komedi yang ditayangkan. Beberapa proses tersebut menjadi dorongan masyarakat untuk menonton tayangan variety show Gebyar BCA. Kesimpulan penelitian dapat diketahui bahwa masyarakat berminat menonton tayangan variety show Gebyar BCA. Minat menonton acara Gebyar BCA tersebut ditunjukkan dengan beberapa proses. Minat menonton acara tersebut yaitu adanya ketertarikan masyarakat untuk mengikuti tayangan kuis interaktif, karena kuis tersebut selain menyediakan hadiah atau uang tunai dalam jumlah yang cukup besar. Masyarakat juga tertarik dengan adanya hadiah tahapan yang ditawarkan khususnya kepada nasabah Bank BCA. Proses selanjutnya yaitu masyarakat menyukai penyayi yang ditampilkan, karena acara tersebut manampilkan penyanyi mudah berbakat yang sedang digemari masyarakat sekarang ini. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu acara variety show Gebyar BCA hendaknya selalu menjaga kepercayaan konsumen dan selalu menyempurnakan informasi-informasi terbaru yang sedang trend saat ini. Masayarakat hendaknya lebih selektif dalam memilih informasi dan hiburan yang disajikan oleh media sehingga acara yang dilihat benar-benar memberikan informasi yang bermanfaat.