PERBEDAAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA AKSELERASI DAN SISWA NON AKSELERASI

Main Author: Darmawati, Zuliasari Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28520/
Daftar Isi:
  • Self regulated learning merupakan proses keterampilan yang melibatkan kognitif, emosi dan afektif pada individu yang bertujuan untuk kemajuan akademiknya. Self regulated learning memiliki peranan dalam keberhasilan siswa dan membentuk perilaku untuk mencapai prestasi yang optimal di sekolah. Siswa akselerasi memiliki sistem pembelajaran yang lebih padat dan waktu yang singkat dari siswa non akselerasi. Siswa non akselerasi memiliki waktu satu tahun lebih lama untuk belajar mengembangkan bakat intelektualnya di sekolah daripada siswa akselerasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan self regulated learning antara siswa akselerasi dan siswa non akselerasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X akselerasi dan kelas X-XI SMAN 8 Malang. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan self regulated learning antara siswa akselerasi dan siswa non akselerasi.