KEGIATAN PUBLIKASI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MALANG DALAM RANGKA PROMOSI TEMPAT WISATA DI KABUPATEN MALANG

Main Author: PUTRI, DESSY ERLANDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28519/1/jiptummpp-gdl-dessyerlan-30441-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28519/2/jiptummpp-gdl-dessyerlan-30441-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28519/
Daftar Isi:
  • Pengembangan pariwisata dalam negeri telah diarahkan untuk memupuk cinta tanah air dan bangsa, menanamkan jiwa dan semangat serta nilai-nilai luhur berbangsa, meningkatkan kualitas budaya bangsa, memperkenalkan peninggalan sejara, keindahan alam termasuk bahari dengan terus meningkatkan wisata remaja-remaja pemuda. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan dalam pemupukan rasa cinta tanah air melalui pariwisata adalah melakukan proses publikasi. Dalam pemasaran publikasi masuk dalam perumusan 4 P yaitu promotion. Dari uraian tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui apa saja Kegiatan Publikasi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Malang Dalam Rangka Promosi Tempat Wisata Di Kabupaten Malang? Menurut Fandy Tjiptono (1997:219) aktivitas komunikasi pemasaran adalah aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan mengingatkan konsumen terhadap perusahaan atau produk agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Pariwisata diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan bekali-kali atau berputar-putar, dari suatu tempat ke tempat lain, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan kata “tour”, sedangkan untuk pengertian jamak, kata kepariwisataan dapat digunakan kata “tourisme” atau “tourism” (Yoeti, 1990 :103). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Malang. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposif sampling, dan ditemukan sebanyak 4 orang informan yang terlibat dalam proses pemasaran pariwisata Disbudpar Kabupaten Malang. Proses teknik analisa data penelitian ini dilakukan dengan cara induksi-interpretasi-konseptualisasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kegiatan publikasi yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Publikasi secara langsung dilakukan dengan presentasi pada saat kunjungan ke luar daerah Malang atau pada saat pameran. Sedangkan promosi tidak langsung dilakukan dengan menggunakan media seperti papan reklame, spanduk, baliho dan sejenisnya. Disbudpar juga bekerjasama dengan media massa lokal baik itu media cetak maupun stasiun televisi lokal. Namun pada proses publikasi secara tidak langsung kurang efektif dalam menjangkau khalayak umum untuk mempublikasikan pariwisata Kabupaten Malang, karena jangkauan dari media yang digunakan sifatnya lokal hanya masyarakat Malang dan masyarakat luar yang berkunjung ke Malang saja. Oleh karena itu disarankan kepada pihak Disbudpar Kabupaten Malang untuk bekerjasama dengan media massa nasional yang jangkauannya lebih luas sehingga bisa menjangkau khalayak umum.