PENGARUH DAYA TARIK PROGRAM ACARA COMEDY PROJECT DI TRANS TV TERHADAP MINAT MENONTON PADA MAHASISWA (Studi pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Audio Visual Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2009)
Main Author: | ARIF, SOHIB SAIFUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28509/ |
Daftar Isi:
- Kemasan yang ada dalam program acara Comedy Project mempunyai daya tarik serta mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dengan acara komedi yang sejenis. Sehingga acara Comedy Project ini diyakini oleh peneliti mempunyai kemasan dan daya tarik yang mampu mempengaruhi minat menonton pada mahasiswa. Dari pemikiran tersebut peneliti merumuskan permasalahan penelitian, yaitu : (1) Adakah pengaruh daya tarik program acara Comedy Project terhadap minat menonton pada mahasiswa? (2) Seberapa besar pengaruh daya tarik program acara Comedy Project terhadap minat menonton pada mahasiswa? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui adakah pengaruh daya tarik program acara Comedy Project terhadap minat menonton pada mahasiswa. (2) Mengetahui tingginya tingkat pengaruh daya tarik program acara Comedy Project terhadap minat menonton pada mahasiswa. Dengan menggunakan acuhan Teori AIDDA yang menyatakan bahwa komunikasi yang melalui dengan membangkitkan perhatian. Artinya sebuah pesan komunikasi harus dapt menimbulkan daya tarik sehingga dapat perhatian dari komunikan dengan begitu akan menjadikan suksesnya komunikasi tersebut. Setelah perhatian muncul kemudian diikuti dengan upaya menumbuhkan rasa menarik yang merupakam tingkat tinggi dari perhatian. Dalam hal ini berupa menarik menonton Comedy Project. Selanjutnya akan melahirkan rasa minat/ hasrat untuk menonton acara Comedy Project tersebut. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Audio Visual UMM angkatan 2009, sedangkan sampel dari penelitian ini sebanyak 80 orang responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik Simpel Random Sampling, dimana sampel diseleksi atas dasar kriteria-kriteria tertentu. sedangkan orang-orang dalam populasi yang tidak sesuai dengan kriteria tersebut tidak dijadikan sampel. Selain itu, peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi kekurangan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini (data sekunder). Setelah melalui proses penelitian, hasil jawaban koesioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dan uji reabilitasnya dengan teknik Alpha. Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi untuk mengetahui pengaruh antara daya tarik program acara Comedy Project terhadap minat menonton pada mahasiswa dan analisis Koefisien Determinasi untuk memprediksi besarnya pengaruh variable X terhadap variabel Y. Berdasarkan penelitian diperoleh perhitungan nilai Koefisien Korelasi sebesar 0,640, yang berarati terdapat ada pengaruh antara variabel bebas yaitu kemasan program acara Comedy Project dengan variabel minat menonton pada mahasiswa. Berdasarkan uji F dan uji t, dapat diperoleh nilai Fhitung sebesar 53,980, sedangkan pada tingkat signifikansi 0,05 diperoleh Ftabel dengan nilai sebesar 3,96. Dan nilai thitung sebesar 7,347, sedangkan pada tingkat signifikansi 0,05 deperoleh ttabel dengan nilai sebesar 2,00. Hal tersebut berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel dan thitung lebih besar dari ttabel sehingga Ho ditolak dan Hi diterima, yang berarti daya tarik program acara Comedy Project mempunyai pengaruh signikan terhadap minat menonton pada mahasiswa. Melalui perhitungan regresi linier, dapat diketahui besarnya konstribusi atau pengaruh variabel bebas daya tarik program acara Comedy Project terhadap variabel terikat minat menonton pada mahasiswa adalah sebesar 40,9%, dan sisanya sebesar 50,1% minat menonton acara Comedy Project pada mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.