PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK PERMAINAN SIMULASI SEBAGAI UPAYA PROMOTIF MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PHBS DI SEKOLAH

Main Author: SAKINAH, TITIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28497/1/jiptummpp-gdl-titinsakin-34211-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28497/2/jiptummpp-gdl-titinsakin-34211-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28497/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. PHBS perlu dilakukan di sekolah mengingat anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang rentan terhadap masalah kesehatan khususnya masalah kebersihan diri dan perorangan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui promosi kesehatan. Dalam masa pertumbuhan anak yang dibutuhkan adalah bermain sekaligus belajar. Oleh sebab itu, permainan dapat dijadikan sebagai media dalam pemberian pendidikan kesehatan kepada anak. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media promosi kesehatan yang dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai PHBS di sekolah. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design yang meneliti perbedaan mean sebelum dan setelah penggunaan media ular tangga. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2013 di SD Muhammadiyah 1 Malang dengan subyek coba yaitu siswa kelas IV SD. Penelitian dilakukan dengan 3 kali uji coba yaitu: 1) uji ahli melibatkan ahli media dan ahli materi; 2) uji coba terbatas dengan subyek coba sebanyak 7 orang; dan 3) penelitian eksperimen (uji coba lebih luas) dengan subyek coba sebanyak 14 orang yang dipilih secara random. Analisa data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 16.0 dengan uji-t sampel berpasangan (Paired t-test). Hasil: Dari hasil analisis program SPSS 16.00 didapatkan 14 siswa mengalami peningkatan pengetahuan mengenai PHBS di sekolah setelah menggunakan media ular tangga dengan perbedaan rata-rata sebesar 29,5715. Pada uji-t didapatkan nilai probabilitas= 0,000 dan nilai α= 0,05 sehingga nilai P<α dan dapat ditarik kesimpulan H0 ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai PHBS di sekolah sehingga layak digunakan sebagai media promosi kesehatan. Kesimpulan: Ada peningkatan pengetahuan sebelum dan setelah penggunaan media ular tangga sehingga media dapat diterapkan sebagai media promosi kesehatan PHBS di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan Media Ular Tangga, PHBS di Sekolah