ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SEBAGAI SUMBER INFORMASI TENTANG OLAHRAGA BOLA BASKET DI KALANGAN MAHASISWA AKTIVIS BOLA BASKET (Studi Pada Civitas Bola Basket Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | WICAKSONO, NOVAN SETYO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28496/1/jiptummpp-gdl-novansetyo-30491-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28496/2/jiptummpp-gdl-novansetyo-30491-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28496/ |
Daftar Isi:
- Tumbuhnya olahraga sebagai suatu budaya populer seperti saat sekarang ini, dimana euphoria suatu event olahraga mampu menyedot perhatian masyarakat kedalamnya menjadi sesuatu yang dipandang “Precious” oleh media massa. Olahraga digunakan sebagai komoditas oleh industri media massa untuk mencari keuntungan di sektor profit. Media menyajikan space berupa halaman tertentu khusus olahraga, bahkan media menjadi sponsor langsung dari suatu event olahraga tersebut. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penggunaan media sebagai sumber informasi tentang olahraga bola basket di kalangan mahasiswa aktivis bola basket. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications Theory, memandang bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik di dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya, teori uses and gratifications mengansumsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan alternative untuk memuaskan kebutuhannya”(Herbert Blumer dan Elihu Katz) Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripif dengan jenis data kualitatif. Adapun unit analisis dalam penelitian ini mempunyai karakteristik; Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kepengurusan inti CIBBM dan pernah mengakses info seputar bola basket melalui media apapun. Dengan menggunakan teknik purposive sampling maka ditetapkan tiga belas orang sebagai subyek dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada subyek penelitian dapat diketahui dalam mengungkapkan pola penggunaan media sebagai sumber informasi tentang olahraga bola basket di kalangan mahasiswa aktivis bola basket, bahwa mahasiswa aktivis bola basket sangat dipengaruhi oleh faktor kontekstual. Faktor kontekstual itu mencakup identitas khalayak, pemahaman/ pengetahuannya terhadap teks, factor psikologis, sejarah/ pengalaman masa lalu hingga isu ekonomi dan politik. Jika ditarik sebuah kesimpulan, kebanyakan atau lebih banyak subyek penelitian menggunakan media online sebagai alat pemenuhan kebutuhan informasi tentang olahraga bola basket. Dengan alasan yang sangat kuat yaitu aktual dan lengkap dalam penyajian informasinya.