KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVE DISORDER (ADHD)

Main Author: SAFITRI, WIDYA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28469/1/jiptummpp-gdl-widyasafit-31659-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28469/
Daftar Isi:
  • Keterampilan sosial merupakan keterampilan atau strategi yang digunakana untuk memulai ataupun mempertahankan suatu hubungan yang positif dalam interksi sosial, yang diperoleh melalui proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan sosial pada anak ADHD. Subjek penelitian ini adalah 2 orang berusia anak-anak yang mempunyai gangguan ADHD. Penelitian ini dilakukan selama 55 hari dari 29 oktober sampai 21 desember 2012. Adapun penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara semi terstruktur. Analisa data pada penelitian ini yaitu menelaah hasil observasi dan wawancara yang telah dikumpulkan, mereduksi data, dan menyimpulkan. Dari analisa data yang dilakukan diketahui gambaran keterampilan sosial kedua subjek baik, adanya peran orangtua dan pihak sekolah menentukan terbentuknya keterampilan sosial pada anak.