PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK PERMAINAN SIMULASI SEBAGAI UPAYA PROMOTIF MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA MEMILIH JAJANAN SEHAT DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Main Author: | FEBRIANTI, RIRIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28448/1/jiptummpp-gdl-ririnfebri-34188-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28448/2/jiptummpp-gdl-ririnfebri-34188-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28448/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Pemenuhan kebutuhan nutrisi anak sekolah identik dengan kebiasaan mengkonsumsi jajanan di lingkungan sekolah. Ironisnya banyak jajanan anak sekolah yang telah tercemar penggunaan bahan tambahan pangan berlebih, zat-zat berbahaya dan mikrobiologis. Zat-zat kimia berbahaya seperti borax, formalin, methanill yellow dan rhodopsin b. Serta cemaran mikrobilogis seperti Escherichia coli, Salmonella sp, Staphylococcus, dan intoksikasi bakteri lainya Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah promosi kesehatan mengenai memilih jajanan sehat melalui pendekatan psikologis yang menyenangkan bagi anak dengan memperhatikan tahapan tumbuh kembangnya. Anak dalam tahap perkembangannya identik dengan aktifitas bermain. Upaya promosi kesehatan yang dapat dilakukan pada anak dapat melalui penerapan metode permainan simulasi. Permainan simulasi yang dilakukan menggunakan media ular tangga yang bersifat edukatif dan menarik bagi anak. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian research and development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SD 01 Muhammadiyah Malang. Subyek penelitian meliputi ahli media, ahli materi, dan siswa kelas III dan IV SD 01 Muhammadiyah Malang (n=25). Tehnik analisa data menggunakan Analisis deskriptif kualitatif, analisis statistik deskriptif, dan paired t-test. Hasil : Studi penelitian pengembangan media ular tangga memilih jajanan sehat untuk permainan simulasi sebagai upaya promotif meningkatkan pengetahuan siswa memilih jajanan sehat di lingkungan sekolah yakni, diperoleh prosentasi kelayakan uji ahli 83,75%, prosentase kelayakan uji coba terbatas diperoleh 81,% dan uji coba eksperimen diperoleh nilai p= 0.000 (p<0.05). Kesimpulan : Media ”ular tangga jajanan sehat RiNnovatiON” berdasarkan keterterapannya dikategorikan layak dengan kualifikasi tinggi dan dapat diaplikasikan sebagai media promosi kesehatan melalui metode permainan simulasi. Kata Kunci : Media ular tangga, jajanan sehat, permainan simulasi