AKTIFITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN POTENSI PARIWISATA (Studi Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Raja Ampat)

Main Author: Ritonga, Emma Mutiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28370/1/jiptummpp-gdl-emmamutiah-30594-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28370/2/jiptummpp-gdl-emmamutiah-30594-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28370/
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan prioritas perekonomian suatu daerah karena dengan adanya keberhasilan dalam pengembangan sektor pariwisata akan mampu menyumbangkan pendapatan daerah apalagi sejak diberlakukannya otonomi daerah, sektor pariwisata juga bisa menambah kesempatan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Kabupaten King Ampat memiliki banyak potensi pariwisata yang masih memerlukan publikasi agar lebih dikenal oleh publik. Melihat kenyataan ini tugas penting dari PR dinas Tourism and culture kabupaten King Ampat harus difokuskan bagaimana potensi pariwisata dapat dikenal dengan melakukan aktivitas yang efektif dan informasi yang disampaikan juga harus jujur dan sesuai dengan fakta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktifitas Public relations dinas pariwisata dalam mempromosikan wisata pantai King Ampat propinsi Papua Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang hanya memaparkan situasi atau peristiwa berupa kata-kata dan gambar. Penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan, tidak menguji atau membuat prediksi. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis maka dapat disirnpulkan bahwa aktivitas humas (public relations) Dinas Tourism and culture kabupaten King ampat King Ampat dalam mempromosikan potensi wisata pantai King Ampat provinsi Papua adalah dengan melakukan proses, definisi permasalah PR dalam mempromosikan potensi pariwisata wisata King ampat yang terjadi, perencanaan dan program PR dinas pariwisata kabupaten King ampat dalam mempromosikan potensi pariwisata dalam mempromosikan potensi wisata pantai King Ampat provinsi Papua kerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaanya, public relations Dinas Tourism and culture kabupaten King Ampat membuat program-program promosi dan pengembangan pariwisata dengan membangun kampung wisata melalui konsep ekoturism atau pengembangan wisata yang berbasis pada masyarakat lokal. Pembangunan kampung wisata tersebut, melibatkan masyarakat sekitar dalam hal pelayanan jasa kepada wisatawan yang datang berkunjung dan menikmati keindahan pesona wisata pantai King Ampat. Sedangkan peran pemerintah adalah sebagai penunjang membantu pembangunan dan pengembangan sarana pokok dan sarana penunjang yang ada di kawasan wisata pantai King Ampat. Sehingga diharapkan dengan adanya program-program tersebut dapat menjadi faktor penentu keberhasilan promosi tersebut. Menjalin kerjasama dan membina hubungan baik dengan pemerintah pusat, pihak media dan para investor. Dalam pelaksanaanya, humas (public relations) Dinas Tourism and culture berkoordinasi secara internal untuk membuat program dan konsep promosi dan pengembangan kawasan wisata pantai King Ampat secara realistis, sehingga nantinya diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak khususnya pemerintah pusat dan para investor dalam hal pembiayaan pembangunan dan pengembangan obyek wisata pantai King Ampat. Setelah mendapatkan anggaran dana baik dari pemerintah pusat maupun para investor, setelah itu PR dinas pariwisata melakukan evaluasi semua program-program aktivitas yang sudah di lakukan dan dengan keseluruan proses aktifitas PR dinas pariwisata mengharapkan pencapaian segala tujuan yang dimaksutkan dapat tercapai dengan maksimal. maka humas (public relations) Dinas Tourism and culture King Ampat melaksanakan berbagai aktifitas promosi dan pemasaran melalui media massa baik melalui media televisi, radio, majalah, internet, dan lain-lain dengan menampilkan berbagai macam keunggulan wisata alam yang terdapat di kawasan pantai King Ampat. Melaksanakan aktivitas promosi dan pemasaran pariwisata King Ampat melalui media publikasi serta melalui kegiatan-kegiatan pameran wisata baik secara nasional maupun internasional.