TINJAUAN PELAKSANANAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS TINDAKAN PELAKU USAHA YANG MEMPRODUKSI ATAU MEMPERDAGANGKAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN LABEL KEMASAN YANG TERTERA (Studi Di Dinas Usaha Kecil Menengah, Perindustrian Dan Perdagangan Kota Batu dan Lembaga Perlindungan Konsumen)
Main Author: | ZAKHINA, INA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28209/1/jiptummpp-gdl-inazakhina-31856-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28209/2/jiptummpp-gdl-inazakhina-31856-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28209/ |
Daftar Isi:
- Perlindungan konsumen menurut Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Pasal 1 ayat (1) memberi pengertian bahwa perlindungan konsumen sebagai segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Diskoperindag dan LPK Kota Batu merupakan lembaga yang bertugas untuk melaksanakan pelaksanaan perlindungan konsumen dan melindungi hak-hak konsumen yang dirugikan atas produk makanan yang tidak sesuai dengan label yang tertera. Penelitian ini mengambil rumusan masalah:1. Bagaimana pelaksanaan pemberian perlindungan kepada konsumen di Kota Batu terhadap tindakan pengusaha keripik buah yang memproduksi dan memperdagangkan keripik buah yang tidak sesuai dengan label yang tertera? 2. Bagaimanakah hambatan pelaksanaan pemberian perlindungan kepada konsumen di Kota Batu terhadap tindakan pengusaha keripik buah yang memproduksi dan memperdagangkan keripik buah yang tidak sesuai dengan label yang tertera? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, Tehnik pengumpulan datanya berupa wawancara dan studi dokumen dari Diskoperindag dan LPK Kota Batu. Data hasil penelitian dianalisa secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perlindungan konsumen di Kota Batu dilaksanakan oleh, Diskoperindag dan LPK Kota Batu sebagai lembaga yang bertanggung jawab, perlindungan hukum dilaksanakan dengan cara memberikan penyululuhan, pengawasan dan mengadakan forum tentang perlindungan konsumen. Dalam melakukan perannya, Diskoperindag dan LPK Kota Batu menemui hambatan, terutama kurang pahamnya konsumen dan pelaku usaha tentang perlindungan konsumen, serta pelaku usaha yang tidak memberikan informasi yang benar pada konsumen. Saran pengawasan dan pelaksanaan perlindungan konsumen perlu ditingkatkan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera.