PEMBUATAN NPC DALAM SIMULATOR GAME “SANG PEDJOEANG” DENGAN IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE MDP (MARKOV DECISION PROCESS)
Main Author: | Nugroho, David Siswanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/28089/1/jiptummpp-gdl-davidsiswa-34942-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/28089/2/jiptummpp-gdl-davidsiswa-34942-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/28089/ |
Daftar Isi:
- NPC atau Non Playable Character adalah objek dalam game yang tidak dapat dikendalikan oleh player, melainkan dikendalikan oleh komputer, karena ini tidak dikendalikan oleh manusia, sehingga komputer memerlukan sebuah algoritma, algoritma ini harus sesuai dengan tuntutan jenis game, pemilihan yang tidak sesuai menyebabkan ketidakcocokan antara NPC dengan jenis game. Dalam proyek ini akan dibuat NPC yang mengimplementasi algortima markov decision process, algoritma ini membantu NPC untuk menentukan state dan aksi yang akan dipilih oleh NPC pada kondisi tertentu berdasarkan aksi dari player. Algoritma ini sesuai untuk sebagian besar jenis game karena algoritma ini tidak terpusat pada pendeteksi tabrakan, atau penemuan jalan, algoritma ini terpusat pada pembuatan keputusan, selama NPC butuh untuk menentukan keputusan maka algoritma ini akan sangat bermanfaat, dalam kasus ini NPC memilih state dimana pada setiap state mempunyai aksi yang berbeda, algoritma membantu NPC untuk memilih state dan aksi dengan memperhitungkan parameter yang terpenuhi seperti yang dibutuhkan oleh masing – masing state dan aksi.