IMPLEMENTASI ALGORITMA DALAM PENCARIAN RUTE TERPENDEK PADA GAME “GRASSHOPPER vs HUNTER”

Main Author: SASONGKO, INGGAR BAYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28072/1/jiptummpp-gdl-inggarbayu-34953-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28072/2/jiptummpp-gdl-inggarbayu-34953-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28072/
Daftar Isi:
  • Salah satu kecerdasan buatan dalam sebuah game adalah kecerdasan agen untuk mencari rute atau jalan. Algoritma sering dipakai dalam pemecahan masalah pathfinding, yang mana dalam kondisi yang tepat algoritma ini dapat memberikan solusi terbaik dengan waktu yang optimal. Pengembangan game dengan kecerdasan buatan akan semakin lengkap dengan ditambahkannya teknik collision detection untuk menangani atau mendeteksi tumbukan, selain itu dengan penambahan pada fitur gameplay diharapkan game mampu lebih berinteraksi dengan pemain. Atas dasar uraian tersebut dibangunlah sebuah game pathfinding berjudul Grasshopper vs Hunter, yang telah dilengkapi dengan agen pathfinding menggunakan algoritma , teknik collision detection, serta pengembangan fitur gameplay berupa escaping skills yang ada pada karakter utama game ini. Game Grasshopper vs Hunter dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java berbasis Desktop dengan tampilan gambar jenis kartun 2D.