PENENTUAN LINTASAN VISUAL MENGGUNAKAN ALGORITMA A* (A STAR) BERBASIS KINECT

Main Author: Mulyani, Adhiesa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/28003/1/jiptummpp-gdl-adhiesamul-35302-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28003/2/jiptummpp-gdl-adhiesamul-35302-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/28003/
Daftar Isi:
  • Kinect adalah teknologi terbaru yang dapat memindai gerakan manusia untuk diolah sesuai dengan yang diinginkan oleh pengembang. Kinect memiliki sensor RGB dan inframerah (IR), sensor tersebut mampu menangkap gambar berwarna dan kedalaman setiap pixel. Tugas akhir ini bertujuan untuk menentukan seluruh kemungkinan lintasan menggunakan algoritma A* (A Star) dari jarak yang dihasilkan oleh sensor terhadap suatu graph, yang nantinya node – node pada graph akan terbentuk dari inputan user menggunakan tangan secara visual di depan sensor kamera Kinect. Dari node-node yang telah terbentuk sebanyak 5 node, maka akan diketahui jarak node 1 ke node lainnya dan selanjutnya akan dicari jarak lintasan terpendek dan terpanjangnya menggunakan algoritma A* (A Star). Dan dari hasil penelitian didapat ketelitian penentuan lintasan suatu graph menggunakan sensor Kinect dengan OpenNI mencapai 90%.