IMPLEMENTASI ALGORITMA LRTA* PADA PENCARIAN RUTE TERPEDEK DALAM SEBUAH GAME
Main Author: | Mawardy, Chikita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27939/1/jiptummpp-gdl-chikitasar-33713-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27939/2/jiptummpp-gdl-chikitasar-33713-2-04.babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27939/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang sering dijumpai dalam bidang kecerdasan buatan adalah masalah pencarian jarak atau rute terpendek. Permasalah ini harus diselesaikan dengan metode dan algoritma pencarian yang tepat dan optimal. Secara luas, algoritma pencarian adalah algoritma yang menerima masukan suatu masalah dan menghasilkan solusi untuk masalah tersebut. Metode pencarian dikatakan penting karena setiap state (keadaan) menggambarkan langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Algoritma LRTA* (Learning Real-Time A*) adalah algoritma learning real-time heuristic pertama yang terbaik dan populer. Algoritma ini dapat digunakan dalam pemecahan masalah pencarian rute terpendek. Algoritma LRTA* dapat melakukan planning dan action execution dalam waktu yang konstan. Algoritma ini mencari rute terpendek menuju titik goal dengan cara meng-update current node ke node baru yang paling dekat. Prosedur ini dilakukan berulang-ulang hingga agen mencapai titik goal. LRTA* menentukan aksi agen selanjutnya dengan waktu yang konstan, inilah mengapa algoritma ini disebut on-line, real-time search algorithm. Dalam proyek akhir ini dibuat sebuah game sederhana yaitu game Mouse Maze, yang bertujuan untuk mengimplementasi dan menguji algoritma LRTA*. Pada game Mouze Maze ini, terdapat dua aktor yaitu mouse (agen) dan cheese (titik goal). Diberikan sebuah field beserta halangan (obstacle) berupa dinding untuk menghalang-halangi jalan agen menuju goal. Algoritma LRTA* membantu agen untuk melewati semua halangan melalui jalur terpendek dengan cara memilih node satu dan node selanjutnya untuk mencapai titik goal.