IMPLEMENTASI FUZZY TSUKAMOTO DALAM GAME TOWER DEFENSE MENGGUNAKAN UNITY GAME ENGINE
Main Author: | Widyatno, Bismoko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27888/1/jiptummpp-gdl-bismokowid-32107-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27888/2/jiptummpp-gdl-bismokowid-32107-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27888/ |
Daftar Isi:
- Tower Defense merupakan salah satu dari berbagai macam genre game yang ada. Bentuk permainan dari Tower Defense adalah pemain perorangan dapat membeli dan mengorganisir tower yang menembaki musuh (creeps) yang bergerak menuju daerah pemain. Pada tugas akhir ini, penulis akan mengimplementasikan metode Fuzzy Tsukamoto pada game bergenre Tower Defense. Metode Fuzzy Tsukamoto akan digunakan untuk mengontrol kecepatan berjalan musuh berdasarkan nyawa dan stamina yang dimilikinya. Implementasi metode Fuzzy Tsukamoto pada kecepatan berjalan musuh akan menghasilkan perubahan kecepatan yang teratur sehingga musuh akan bertingkah laku seperti yang terjadi sebenarnya di dunia nyata. Tingkat kesulitan pada game Tower Defense ini dibuat sebanyak tiga level. Setiap level kesulitan ditentukan berdasarkan jenis tower yang dapat dibangun, jumlah wave, dan banyaknya musuh yang muncul. Game Tower Defense ini dibuat menggunakan Unity game engine. Unity merupakan game engine dengan teknologi baru yang memungkinkan para game developers dapat membuat game dengan lebih mudah dan cepat.