TEACHING TECHNIQUES USED BY THE TEACHERS IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY AT SANG BINTANG SCHOOL ENGLISH COURSE – MALANG

Main Author: PRASETYA, GUNTUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27790/1/jiptummpp-gdl-gunturpras-33508-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27790/2/jiptummpp-gdl-gunturpras-33508-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27790/
Daftar Isi:
  • Di dalam penelitian ini, penulis focus pada tehnik pengajaran kosa kata yang digunakan oleh para pengajar di lembaga belajar bahasa Inggris Sang Bintang School - Malang (SBS). Tujuan dari penelitian ini untuk menginvestigasi: (1) tehnik mengajar kosa kata bahasa Inggris yang digunakan oleh para guru di Sang Bintang School – Malang, (2) cara para pengajar dalam menerapkan tehnik pengajaran kosa kata bahasa Inggris, (3) tanggapan siswa terhadap tehnik yang digunakan oleh para pengajar pada pengajaran kosa kata bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kwalitatif. Peneliti memilih dua pengajar dan 20 siswa pada angkatan 14 di lembaga belajar bahasa Inggris Sang Bintang School – Malang. Selanjutnya, data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi non-participant, wawancara semi-structure, angket tertutup. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pertama, para pengajar di lembaga belajar bahasa Inggris Sang Bintang School – Malang menerapkan tehnik gambar, tehnik imajinasi, tehnik kelompok kata, tehnik menebak kata, tehnik permainan, dan tehnik menyanyi. Kedua, dalam penerapan tehnik mengajar, mereka tidak hanya membantu mempermudah siswa untuk memahami arti dari kosa kata baru, namun mereka juga menjadi motivator, rekan, teman, atau penghibur siswa untuk mendapatkan emosi satu sama lain dalam membuat kondisi pembelajaran yang baik. Terakhir, siswa menunjukkan tanggapan yang sangat baik pada tehnik yang digunakan oleh para pengajar dalam mengajar kosa kata.