TINDAK TUTUR GURU DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR KELAS XI DI MAN MALANG 1

Main Author: SETIAWAN, AGUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27614/1/jiptummpp-gdl-agussetiaw-34160-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27614/2/jiptummpp-gdl-agussetiaw-34160-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27614/
Daftar Isi:
  • Pembimbing: (1) Drs. Gigit Mujianto, M.Si. (2) Drs. Djoko Asihono. Komunikasi dalam interaksi belajar mengajar di sekolah menjadi salah satu faktor penting dalam penanaman nilai pendidikan karakter. Tindak tutur guru menjadi prioritas utama dalam menyampaikan materi atau ilmu pengetahuan dan penanaman nilai pendidikan karakter. Guru yang berkompeten harus memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Penelitian ini ber-dasar pada realitas banyaknya guru yang belum sepenuhnya mengimplementa-sikan nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan hasil penelaahan deskriptif analisis tentang tindak tutur guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada interaksi belajar mengajar siswa kelas XI di MAN Malang 1. Permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) Bagaimanakah jenis tindak tutur guru dalam penanaman nilai pendidi-kan karakter pada interaksi belajar mengajar kelas XI MAN Malang 1? (2) Bagai-manakah fungsi tindak tutur guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada interaksi belajar mengajar kelas XI MAN Malang 1? (3) Bagaimanakah strategi tuturan guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada interaksi belajar mengajar kelas XI di MAN Malang 1? Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sebelum memaparkan tentang penanaman nilai pendidikan karakter, terlebih dahulu dianalisis tentang tindak tutur yang meliputi jenis, fungsi, dan strategi tindak tutur dalam penanaman nilai pendidikan karakter dengan metode deskriptif kualitatif. Guru yang menjadi sumber data dan tuturan guru menjadi data yang akan dianalisis berdasarkan jenis, fungsi, dan strategi tuturan guru dalam penanaman nilai pendidikan karakter. Guru yang dianalisis terdapat guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Sejarah, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Hasil penelitian ini menemukan bahwa pada jenis tindak tutur yang sering muncul dalam penanaman nilai pendidikan karakter adalah jenis tindak tutur langsung literal. Pada fungsi tindak tutur ilokusi yang sering muncul dalam penanaman nilai pendidikan karakter adalah fungsi asertif, namun yang sangat representatif dalam penanaman nilai pendidikan karakter adalah fungsi direktif. Pada strategi tindak tutur guru yang sering muncul dalam penanaman nilai pendidikan karakter adalah strategi terus-terang, namun yang paling representatif dalam penanaman nilai pendidikan karakter adalah strategi kesantunan positif. Penelitian ini juga menemukan efektivitas penanaman nilai pendidikan karakter terdapat pada kegiatan inti pembelajaran.