VIDEO GAME SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK CITRA ANGKATAN BERSENJATA AMERIKA Analisis Isi Pada Game Call Of Duty Modern Warfare 2
Main Author: | Permana, Indra Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27590/1/jiptummpp-gdl-indradwipe-29075-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27590/2/jiptummpp-gdl-indradwipe-29075-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27590/ |
Daftar Isi:
- Video Game merupakan media komunikasi yang terbentuk dari kombinasi antara penyampaian pesan melalui gambar bergerak yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi animasi, gambar, suara dan spesial efek lainnya. Yang dimaksud Citra adalah yaitu suatu pandangan, keputusan, atau taksiran yang terbentuk didalam pikiran mengenai suatu persoalan tertentu.. Untuk mengungkap citra angkatan bersenjata amerika dalam media komunikasi video game, penulis menggunakan analisis isi, dimana analisis isi adalah setiap prosedur sistematis yang dirancang untuk mengkaji isi informasi terekam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana video game FPS yang berjudul Call Of Duty : Modern Warfare 2 mencitrakan angkatan bersenjata Amerika. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana game Call Of Duty : Modern Warfare 2 mencitrakan angkatan bersenjata Amerika. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Ruang lingkup penelitian ini adalah setiap scene pada game Call Of Duty : Modern Warfare 2 yang menggambarkan citra angkatan bersenjata Amerika, Kemudian dikelompokkan menurut kategorisasi yang telah ditentukan. Dengan demikian maka dapat diperoleh jumlah frekuensi kemunculan scene yang menggambarkan citra angkatan bersenjata Amerika. Dari 27 scene yang diteliti, terdapat frekuensi kemunculan kategori sebanyak 31 kali dengan uraian sebagai berikut, kategori kemanusaiaan dengan frekuensi kemunculan sebanyak 8 kali dengan uraian yaitu, indikator perlindungan memiliki frekuensi kemunculan sebanyak 2 kali, indikator bantuan sebanyak 3 kali dan indikator pertolongan sebanyak 3 kali. Kategori keberanian dengan frekuensi kemunculan sebanyak 20 kali dengan uraian yaitu, indikator perlawanan sebanyak 7 kali, indikator perjuangan sebanyak 6 kali dan indikator penyerangan sebanyak 7 kali. Pada kategori kejahatan terdapat frekuensi kemunculan sebanyak 3 kali dengan uraian yaitu, indikator pembunuhan, penganiayaan dan penghancuran masing - masing memiliki frekuensi kemunculan sebanyak 1 kali. Kategori keberanian merupakan jenis kategori yang memiliki frekuensi kemunculan terbanyak dibandingkan dengan jenis kategori lain, disusul dengan kategori kemanusiaan dan kejahatan pada urutan terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa video game berjudul Call Of Duty : Modern Warfare 2 lebih dominan dalam menggambarkan citra tentara Amerika sebagai suatu figur organisasi yang penuh keberanian yang didasari oleh rasa cinta tanah air, mereka selalu tampil dengan aksi yang menakjubkan dengan segala persenjataan dan peralatan yang canggih, adegan heroik juga sering muncul untuk menguatkan citra tentara Amerika sebagai sosok yang peka dan responsif terhadap segala bahaya yang mengancam.