PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN UNSUR INTRINSIK NOVEL PADA SISWA KELAS VIII SMP KERTANEGARA MALANG

Main Author: Putri, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27583/1/jiptummpp-gdl-ikaputri09-32988-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27583/2/jiptummpp-gdl-ikaputri09-32988-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27583/
Daftar Isi:
  • Pembimbing (1) Dr. Ribut Wahyu Eriyanti, M.Si, M.Pd. (2) Drs. Ajang Budiman, M.Hum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menjelaskan unsur intrinsik novel siswa kelas VIII SMP Kertanegara yang masih sangat kurang. Siswa kurang mampu menjelaskan unsur intrinsik novel karena metode yang digunakan guru kurang efektif yaitu metode ceramah.Metode ceramah ini membuat siswa banyak yang tidak aktif dalam pembelajaran dan cenderung membosankan. Dari masalah yang muncul dalam pembelajaran, peneliti menerapkan metode alternatif yaitu metode Cooperative Script dengan tujuan agar siswa bisa lebih memami materi dan lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancanagan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A di SMP kertanegara Malang dengan jumlah siswa 28 siswa dan guru Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini data diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung, Hasil wawancara guru dan siswa, data respon siswa. Sedangakan data kuantitatif adalah skor hasil belajar siswa tentang menjelaskan unsur intrinsik novel. Teknik pengumpulan data melalui tes dan non tes. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode cooperative script dalam menjelaskan unsur intrinsik novel dalam pembelajaran melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode cooperative script melalui beberapa tahapan. (a) Guru meminta siswa berpasangan. (b) Guru membagi siswa menjadi dua peran. (c) siswa berdiskusi lalu siswa bertukar peran. (d) guru dan siswa Menganalisa dan mengevaluasi. Peningkatan kemampuan siswa setelah diterapkan metode cooperative script juga mengalami peningkatan cukup baik. Pra tindakan menuju akhir pembelajaran mengalami peningkatan sebanyak 952,4% atau rata-rata 34%. Peningkatan yang terjadi telah mennjukan bahwa metode cooperative script ini telah berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan unsur intrinsik novel.