EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PADA SAMSAT CORNER WILAYAH MALANG KOTA (Studi di Samsat Corner MOG Kota Malang)
Main Author: | Asnawi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27469/1/jiptummpp-gdl-asnawi0623-31840-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27469/2/jiptummpp-gdl-asnawi0623-31840-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27469/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Asnawi, 06230003. Universitas Muhammadiyah Malang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Pemerintahan. “Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik pada Samsat Corner MOG Wilayah Malang Kota (Studi di Samsat Corner MOG Kota Malang)”, Pembimbing I: Drs. Krishno Hadi, MA. Pembimbing II: Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si Potret pelayanan publik yang masih memiliki kualitas rendah menjadi salah satu latar belakang dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Surat Keputusan Menpan tersebut, berisi pedoman yang harus diikuti instansi penyelenggara pelayanan publik untuk memberikan pelayanan secara prima. Inovasi layanan lebih baik ini terlihat pada layanan Samsat Corner di MOG (Mall Olympic Garden) yang telah menjawab tantangan layanan publik bagi Polri, Dipenda, Jasa Raharja sekaligus memberikan pilihan layanan mudah, cepat, murah yang diinginkan oleh wajib pajak. Tidak khusus untuk melayani pembayaran pajak kendaraan wilayah Kab/Kota Malang saja. Bahkan kendaraan wilayah seluruh Jawa Timur dapat dilayani dengan fasilitas Samsat Link (on-line). Hanya dengan menunjukkan STNK, BPKB dan KTP, wajib pajak langsung dapat membayar pajak tahunan dan pengesahan STNK. Mengacu pada realita tersebut, pembaharuan strategi dan pola pelayanan yang mengarah pada prinsip efektif, efisien, dan nondiskriminasi dengan memanfaatkan teknologi informasi merupakan syarat penyelenggaraan pelayanan samsat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: Observasi dan wawancara serta dokumentasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahanya, data dianalisis dengan cara penyajian data sekaligus dianalisis dan penarikan kesimpulan. Pendekatan teori dalam penelitin ini menggunakan teori efektivitas, dimana organisasi dapat dikatakan efektif bila organisasi tersebut dapat sepenuhnya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Efektivitas umumnya dipandang sebagai tingkat pencapaian tujuan operatif dan operasional. Dari hasil data yang diperoleh (1). Bahwa Penyelenggaraan pelayanan publik pada Samsat Corner MOG wilayah Malang Kota cukup efektif. Hal ini terlihat pada petugas selalu dapat melayani masyarakat secara muda, cepat dan akurat sekaligus ditunjang dengan keberadaan Standar Operasional Prosedur (SOP). Selain itu hampir tidak ada keluhan pelayanan dari masyarakat karena pelaksanaan layanan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu penyelenggaraan pelayanan publik pada Samsat Corner MOG petugas melayani dengan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun sekaligus menjawab semua kendala dengan rama dan tidak bersifat diskriminatif. Petugas samsat corner juga menjelaskan secara detail tentang persoalan dan keluhan dari masyarakat agar masyarakat puas dan faham. (2) Penilaian masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada Samsat Corner MOG wilayah Malang Kota cukup bagus dan membantu proses layanan pajak kendaraaan bermotor di wilayah Jawa Timur khusunya Kota Malang. Karena pelayanan yang baik hanya akan dapat diwujudkan apabila terdapat sistem pelayanan yang mengutamakan kepentingan masyarakat, kultur pelayanan dalam organisasi penyelenggara pelayanan dan SDM yang berorientasi pada kepentingan pengguna layanan. (3) Faktor Pendukung penyelenggaraan pelayanan publik di Samsat Corner MOG wilayah Malang Kota adalah adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) ini kinerja pelyanan sangat lebih muda dan terbantu karena ada acuan dalam hal pelayanan. Selain itu keberadaan sarana prasarana yang mendukung menjadikan efektif dan efisien dalam mendukung kinerja petugas layanan di Samsat Corner. Sedangkan mengenai kendala dalam penyelenggaraan pelayanan publik pada Samsat Corner MOG wilayah Malang Kota hampir tidak ada, semua berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur layanan yang ada.