PENGGUNAAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN PANGKATREJO II SUGIO LAMONGAN

Main Author: ARDITI, DYAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27451/1/jiptummpp-gdl-dyaharditi-33145-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27451/2/jiptummpp-gdl-dyaharditi-33145-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27451/
Daftar Isi:
  • Peningkatan mutu pendidikan dirasakan sebagai suatu kebutuhan bangsa yang ingin maju.Dengan keyakinan, bahwa pendidikan yang bermutu dapat menunjang pembangunan di segala bidang.Oleh karena itu, pendidikan perlu mendapat perhatian yang besar agar kita dapat mengejar ketinggalan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutlak kita perlukan untukmempererat pembangunan dewasa ini.Mengingat pentingnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar, maka penulis mengadakan penelitian pendidikan yang berhubungan dengan media, yang lebih khususnya adalah penggunaan media torso yaitu patung tiruan organ-organ tubuh manusia yang termasuk dalam KIT IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SDN Pangkatrejo II kecamatan Sugio Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan memanfaatkan media torso. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing- masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 11 siswa. Data aktivitas dikumpulkan dengan observasi langsung dan hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media torso dapat meningkatkan aktivitas belajar. Hal ini dapat terlihat dari pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal sebesar 91, 1% yang berada pada kategori cukup aktif. Pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal meningkat menjadi 99,7% yang berada pada kategori aktif. Pemanfaatan media torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor siswa pada siklus I sebesar 75,45 dengan tingkat hasil belajar yang berada pada kategori sedang meningkat pada siklus II menjadi 85,2 yang berada pada kategori tinggi. Jadi, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA setelah diterapkan media torso. Kata-kata kunci : media torso, aktivitas, hasil belajar