PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI HUBUNGAN STRUKTUR AKAR DAN FUNGSINYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERDADI KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | Wahyudi, Endik Setiya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27450/1/jiptummpp-gdl-endiksetiy-33147-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27450/2/jiptummpp-gdl-endiksetiy-33147-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27450/ |
Daftar Isi:
- Di kelas IV pelajaran IPA pada materi hubungan struktur akar tumbuhan dan fungsinya banyak siswa yang mengalami kesulitan dan hasil belajarnya juga kurang memuaskan. Hal demikian terjadi karena proses pembelajaran bersifat teacher centered, metode dan media yang digunakan juga kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Sasaran perbaikan pembelajaran ini adalah siswa kelas IV SDN Sumberdadi Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa perempuan dengan menggunakan metode demonstrasi. Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini mengikuti alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data PTK diperoleh melalui observasi selama proses kegiatan pembelajaran dan tes untuk mengukur prestasi belajar siswa. Berdasarkan data hasil observasi yang dibantu teman sejawat terhadap aktifitas guru dan siswa selama silkus I sampai siklus II ada peningkatan yang berpengaruh terhadap ketuntasan indikator pada setiap siklusnya. Sebelum siklus nilai rata-rata siswa sebesar 59, siklus I nilai rata-rata sebesar 64, dan pada siklus II nilai rata-rata 73, peningkatan ini terjadi karena pada proses belajar mengajar guru menerapkan metode demonstrasi., dan tiap siklus guru telah memberikan tugas formatif sebagai latihan atau evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Jadi dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dapat membantu meningkatkan prestasi belajar, meningkatkan motivasi siswa, dan dapat membantu cara mengajar guru selama proses belajar mengajar di SDN Sumberdadi Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Kata Kunci: Peningkatan Belajar IPA, Hubungan Struktur Akar dan Fungsi, Metode Demonstrasi.