PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN TUBUH HEWAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN KEDUNGWANGI I KEC. SAMBENG KAB. LAMONGAN TAHUN 2012/2013
Main Author: | MINSUHATA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27426/1/jiptummpp-gdl-minsuhata2-33156-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27426/2/jiptummpp-gdl-minsuhata2-33156-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27426/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa/ prestasi belajar siswa kelas II mata pelajaran IPA materi bagian tubuh hewan di SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng. Secara umum siswa mengatakan bahwa pelajaran IPA merupakan pelajaran yang susah dimengerti dan sulit dipahami. Selama ini hasil dari beberapa latihan masih jauh dari harapan. Nilai rata-rata siswa adalah 65,48. Hal ini menunjukkan ketidak tercapaiannya ketetapan tentang KKM untuk pelajaran IPA 70. Berdasarkan kenyataan tersebut peneliti merasa perlu mencari solusi guna mencapai ketuntasan belajar IPA pada siswa khususnya materi memahami soal tentang Bagian-bagian Tubuh Hewan. Pola pembelajaran yang peneliti asumsikan menjadi jalan pemecahannya adalah pembelajaran dengan mengunakan pendekatan kooperatif dan Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi pembelajaran IPA siswa SDN Kedungwangi I Sambeng Lamongan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I, siklus II, dan siklus III dilakukan dengan fokus pembelajaran adalah meningkatkan prestasi pembelajaran IPA siswa SDN Kedungwangi I Sambeng Lamongan menggunakan media gambar. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan kooperatif dan menggunakan media gambar menampakkan peningkatan yang baik, karena rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan hasil baik. Hasil belajar siswa setiap siklus mengalami perubahan, yaitu pada siklus I sebesar 63,7, siklus II sebesar 74,9 dan pada siklus III sebesar 80,0. Penelitian ini dikatakan berhasil karena presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah melebihi dari kriteria ketuntasan belajar siswa yaitu 80%. Kata Kunci: Media Gambar, Prestasi Siswa.