PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS V DI SDN MANTUP I KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | CHRISTININGRUM, NOVI DYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27425/1/jiptummpp-gdl-novidyahch-33157-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27425/2/jiptummpp-gdl-novidyahch-33157-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27425/ |
Daftar Isi:
- Dalam pembelajaran menulis cerita pada bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SDN Mantup I Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, siswa masih mengalami kesulitan dalam menguasai materi ini. Hal ini disebabkan karena kurang menariknya penyajian cerita buku teks dengan bentuk kata-kata yang membosankan. Perlu diciptakan pembelajaran yang menarik, yaitu dengan memanfaatkan media gambar seri. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis dapat merumuskan masalah, yaitu: 1)Bagaimanakah penggunaan gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa? 2)Bagaimanakah kemampuan siswa setelah memanfatkan gambar seri? Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media gambar seri, untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan gambar seri. Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis menggunakan media gambar seri. Kriteria ketuntasan minimal yang harus dicapai siswa adalah 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh melalui observasi dan tes. Data yang diperoleh menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis cerita dapat meningkat , yaitu dari 63 % menjadi 93 % . Meskipun terdapat siswa yang memperoleh nilai yang tetap tidak mencapai KKM sebelum dan sesudah diadakan tes yang dikarenakan faktor keterlambatan berfikir dan berkomunikasi dalam belajar. Dalam penggunaan gambar seri, guru menemui kendala dalam membimbing siswa yang mempunyai keterlambatan fikir, dalam penguasaan kelas, serta penggunaan media gambar seri melalui media kertas kurang diminati siswa sehingga guru mengubah tampilan media kertas tersebut ke media komputer. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran menulis cerita dengan menggunakan media gambar seri di kelas V SDN Mantup I Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa. Kata Kunci: media pembelajaran gambar seri, kemampuan menulis cerita