PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI METODE PERCOBAAN SISWA KELAS IV SDN SUKOBENDU I KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | Masruhah, Unasin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27415/1/jiptummpp-gdl-unasinmasr-33163-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27415/2/jiptummpp-gdl-unasinmasr-33163-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27415/ |
Daftar Isi:
- Fakta bahwa siswa masih banyak tergantung pada guru sebagai informasi dan masih rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah mendorong perlunya penerapan model pembelajaran yang memungkinkan pengembangan kemampuan pemecahan masalah pada siswa, sehingga dapat meringankan kesulitan belajar sisiwa dan mengurangi ketergantungan siswa pada guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Metode Percobaan Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Untuk meningkatkan prestasi belajar IPA materi panas dan bunyi melalui metode Percobaan pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN Sukobendu I Kecamatan Mantup. Tahap pengumpulan data dilaksanakan proses observasi terhadap pelaksanaan tindakan dengan menggunakan lembar observasi yang telah dibuat. Observasi dilakukan untuk memperolah data dan informasi yang dipakai sebagai dasar refleksi. Demikian juga kegiatan pengamatan atau penyelidikan, peneliti menggunakan lembar observasi untuk menilai siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa materi panas dan bunyi dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa secara klasikal bahwa pada siklus I sebesar 40% siswa yang tuntas atau mampu dalam memahami panas dan bunyi dengan baik, sedangkan 60% siswa belum mampu dalam memahami panas dan bunyi dengan baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 80% siswa sudah tuntas dan sebesar 20% siswa belumtuntas. Penelitian ini dikatakan berhasil karena persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah melebihi dari KKM siswa yaitu 70%. Kata Kunci: Prestasi Belajar IPA, Metode Percobaan