PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI PADA KELAS V SDN TLESA TLANAKAN PAMEKASAN

Main Author: ABD. SYUKKUR,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27413/1/jiptummpp-gdl-abdsyukkur-33164-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27413/2/jiptummpp-gdl-abdsyukkur-33164-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27413/
Daftar Isi:
  • Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tlesa Tlanakan Pamekasan melalui metode diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimanakah penerapan metode diskusi pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN Tlesa. 2. Bagaimanakah hasil belalar matematika melalui metode diskusi pada siswa kelas V SDN Tlesa Tlanakan Pamekasan. Tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode diskusi dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tlesa Tlanakan Pamekasan, sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tlesa Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Dalam pelaksanaan kegiatan dilakukan dua kali siklus yang di bantu oleh teman sejawat untuk memonitor jalannya penelitian, metode diskusi dilakukan dengan teknik diskusi kelompok pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 41%, dan pada siklus II menggunakan teknik perpaduan diskusi kelompok dengan diskusi kelas dengan ketuntasan belajar sebesar 91% . Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Tlesa Tlanakan Pamekasan. Kata kunci : Hasil belajar, Metode diskusi dan Matematika