PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V SDN JUNGCANGCANG V PAMEKASAN

Main Author: SAFARI, ACHMAD SYAIFUDDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27411/1/jiptummpp-gdl-achmadsyai-33165-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27411/2/jiptummpp-gdl-achmadsyai-33165-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27411/
Daftar Isi:
  • Tujuan pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Jungcangcang V Pamekasan melalui penggunaan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar IPS melalui penggunaan media gambar siswa kelas V SDN Jungcangcang V Pamekasan? .Tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Jungcangcang V Pamekasan. Sedangkan objek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan lokasi di SDN Jungcangcang V Pamekasan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaa, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Penggunaan media gambar (foto dan poster) dilakukan dengan langkah-langkah (1) tanya jawab tentang latar belakang munculnya pergerakan nasional, (2) guru menunjukkan foto-foto para pahlawan nasional kepada siswa pada siklus I dan poster pahlawan pada siklus II, (3) guru menugaskan siswa membuat profil singkat tiga pejuang melawan penjajah Belanda dan tiga pejuang melawan pendudukan Jepang, dan (4) secara bergiliran siswa membacakan profil pahlawan nasional yang telah dibuat. Selama penelitian berlangsung peneliti dibantu oleh teman sejawat untuk memonitor jalannya penelitian dan membantu memberikan petunjuk atau saran perbaikan pembelajaran. Perbaikan penggunaan media gambar berupa foto tidak berwarna pada siklus I dan poster berwarna pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 65 % sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 95 % dengan KKM 68. Dengan hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Jungcangcang V Pamekasan. Kata kunci : hasil belajar, media gambar, dan IPS