UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CHARTA DAN MODEL SISWA KELAS IV SDN TOLONTO RAJA VII PAMEKASAN
Main Author: | HERAWATI, ANNY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27408/1/jiptummpp-gdl-annyherawa-33166-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27408/2/jiptummpp-gdl-annyherawa-33166-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27408/ |
Daftar Isi:
- Pencapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDN Tolonto Raja VII masih banyak mengalami kesulitan. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai mata pelajaran matematika. Hasil evaluasi pembelajaran matematika pada kompetensi dasar sebelumnya dari 11 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal hanya 5 orang atau 45 %. Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar tersebut adalah guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran matematika kurang menarik. Penggunaan media pembelajaran diperlukan untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika. Media pembelajaran yang cocok untuk membantu siswa memahami konsep bangun ruang adalah media charta dan model. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media charta dan model siswa kelas IV SDN Tolonto Raja VII Pamekasan? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi. Penggunaan media charta dilakukan dengan langkah-langkah (1) mempersiapkan gambar jaring-jaring balok dan kubus, (2) siswa mengamati gambar, (3) mendiskusikan hasil pengamatan dengan menghitung sisi dan rusuk, dan (4) menyimpulkan hasil diskusi. Sedangkan penggunaan media model dilakukan dengan langkah-langkah (1) guru dan siswa mempersiapkan model balok dan kubus seperti bungkus pasta gigi dan kotak kapur tulis, (2) siswa mengamati model balok dan kubus, (3) menghitung jumlah sisi, (3) menghitung jumlah sisi yang sama, (4) mendiskusikan hasil pengamatan, dan (5) menyimpulkan hasil diskusi..Selama penelitian berlangsung peneliti dibantu oleh teman sejawat untuk memonitor jalannya penelitian dan membantu memberikan petunjuk atau saran perbaikan pembelajaran. Perbaikan penggunaan media charta berupa gambar kubus dan balok pada siklus I dan media model (balok dan kubus) pada siklus II. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, penggunaan media charta dan model yang sebagai media pembelajaran matematika terjadi peningkatan yang signifikan. Siswa yang tuntas belajar pada pembelajaran siklus I hanya mencapai 55%, sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 81 % dengan kriteria ketuntasan minimal 63. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media charta dan model dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tolonto Raja VII Pamekasan. Kata kunci : hasil belajar, media charta, media model dan matematika