PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN AMBENDER IV KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
Main Author: | HAFILUDDIN, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27403/1/jiptummpp-gdl-hafiluddin-33168-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27403/2/jiptummpp-gdl-hafiluddin-33168-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27403/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan Hasil Belajar Pada Peralatan Pencernaan Manusia Melalui Media Gambar Di Kelas IV SDN Distrik V Ambender Pegantenan Pamekasan Oleh : Hafiluddin (201010480321148) SDN kondisi Ambender IV Kabupaten Pamekasan pegantenan dalam menyajikan pelajaran IPA mengalami beberapa hambatan . Dari hasil tes akhir yang dicapai siswa Kelas V dengan subjek " Alat Pencernaan " masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan . Dari 19 orang , 11 orang ( 57 % ) yang belum berhasil mencapai nilai minimal 65 , dan hanya 8 orang ( 43 % ) berhasil KKM . Siswa kelas di SDN klasik kondisi Ambender IVKecamatan Pegantenan Pamekasan di bawah KKM klasik . Untuk meningkatkan hasil belajar siswa , diperlukan dukungan dari metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Penyebab masalah ini adalah guru tidak memberikan motivasi untuk belajar menciptakan ruang kelas yang kondusif , guru tidak memberikan bimbingan baik secara pribadi maupun dalam kelompok , guru tidak memberikan siswa materi stabilisasi setelah selesai tugas , motivasi dan minat siswa ilmu pengetahuan kurang . untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pembelajaran pada alat pencernaan , metode yang diperlukan media gambar dukungan sebagai media pembelajaran . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SDN Ambender kelas IV Pamekasan untuk aparatur pencernaan materi dengan menggunakan media gambar . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) , yang terdiri dari dua siklus , setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi . Data hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan tes tertulis . Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif adalah dengan menganalisis data dari siswa siklus pengembangan 1 sampai siklus 2 . Hasil menunjukkan gambar penggunaan media dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Pada siklus 1 persentase siswa yang mencapai skor 73,68 % KKM dan berkata siswa belum diteliti secara mendalam dalam gaya klasik. Sedangkan pada siklus 2 meningkat , persentase siswa yang mencapai skor 94,74 % KKM sehingga kelas 5 Sekolah Dasar Negeri IV Ambender Pegentenan Pamekasan mengatakan menyeluruh dipelajari dalam gaya klasik. Kata kunci : Media Gambar , Hasil Belajar .