PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGUKURAN SUDUT MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN BULAY I KABUPATEN PAMEKASAN

Main Author: JANNAH, SUFIATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27369/1/jiptummpp-gdl-sufiatulja-33175-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27369/2/jiptummpp-gdl-sufiatulja-33175-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27369/
Daftar Isi:
  • SDN kondisi Bulay I Galis sub Pamekasan dalam menyajikan matematika mengalami beberapa hambatan . Dari hasil tes akhir yang dicapai siswa kelas IV untuk subjek " Angle Pengukuran " masih menunjukkan kurang dari hasil yang maksimal . Dari 20 orang , hanya 11 orang ( 55 % ) yang belum berhasil mencapai nilai kurang dari 65 , dan hanya sebanyak 9 orang ( 45 % ) berhasil KKM . Kondisi pada siswa kelas IV klasik Bulay Kecamatan Galis Pamekasan I SDN bawah KKM klasikal 75 % . Untuk meningkatkan hasil belajar siswa , diperlukan dukungan dari metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Penyebab masalah ini adalah kurangnya motivasi guru untuk belajar menciptakan ruang kelas yang kondusif , model pembelajaran Pemilu yang tidak benar atau tidak sesuai dengan konsep yang disajikan pelajaran , motivasi dan minat siswa dalam mata pelajaran Matematika kurang. untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari materi pada pengukuran sudut , metode eksperimen dukungan pembelajaran diperlukan sebagai media pembelajaran jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus , setiap siklus terdiri dari perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas IV di SDN I Bulay pengukuran sudut Pamekasan pada bahan dengan menggunakan metode eksperimental . Data hasil belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi , catatan lapangan , dan tes tertulis . Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif adalah dengan menganalisis data dari siswa siklus pengembangan 1 sampai siklus 2 . Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode eksperimen pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Pada siklus 1 persentase siswa yang mencapai skor 85 % KKM telah selesai dalam penulis klasik , tetapi dengan pengamat sepakat untuk terus siklus 2 karena ada 3 siswa yang belum selesai dan belum mencapai nilai KKM . Sedangkan pada siklus 2 meningkat , persentase siswa yang mencapai skor 95,00 % KKM sehingga siswa kelas IV SDN Bulay saya katakan Galis Kabupaten Pamekasan secara mendalam dalam gaya klasik. Kata kunci : Eksperimen , Kemampuan siswa .