PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN PACAR KEMBANG II-193 SURABAYA

Main Author: BARIYAH, KHOIRUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27349/1/jiptummpp-gdl-khoirulbar-33182-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27349/2/jiptummpp-gdl-khoirulbar-33182-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27349/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar khususnya di kelas I sampai III menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Hasil ulangan harian siswa pada pembelajaran tematik dengan tema kegiatan sehari-hari khususnya pada materi musyawarah, ternyata 62,5% dari 40 siswa yang mencapai ketuntasan belajar, 37,5% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. KKM yang ditentukan adalah 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa da hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik dan mendeskripsikan kendala-kendala yang muncul. Rancangan dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru baik pada siklus I maupun siklus II menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 25% yaitu dari 66,7% pada siklus I menjadi 91,7% pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 17,9%, yaitu dari 73,2% pada siklus I menjadi 91,1% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 15%, yaitu dari 70% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada seluruh aspek telah mencapai keberhasilan. Kendala-kendala yang ada pada siklus I dan siklus II dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang baik setelah menggunakan media gambar dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat. Kata Kunci : Media gambar, hasil belajar siswa dan PKn