PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS ( THINK PAIR SHARE ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN SIMOKERTO V/ 138 SURABAYA

Main Author: RIANAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27336/1/jiptummpp-gdl-rianah2010-33184-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27336/2/jiptummpp-gdl-rianah2010-33184-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27336/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Hal ini terbukti bila diadakan evaluasi hasil dari 29 siswa yang menguasai hanya 17 siswa berarti hanya mencapai 58,62 persen yang menguasai, belum bisa di katakan sudah mencapai KKM. Masalah yang akan dibahas adalah hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Kooperatif tipe TPS.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Simokerto V/138 Surabaya. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS sehingga siswa lebih senang dan mudah memahami materi pelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan lebih kreatif dan aktif dalam pembelajaran sehingga lebih mudah dalam belajar. Peningkatan Hasil Belajar adalah hasil suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. baik yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). IPS adalah suatu bidang studi atau mata pelajaran yang diajarkan di sekolah yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial yang menelaah dan menganalisis gejala dan masalah sosial dimasyarakat lainnya. Strategi think-pair-share (TPS) atau berpikir berpasangan berbagi adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa Penelitian Tindakan Kelas dengan mempergunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah siswa 29 anak dan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan yaitu yang pertama tanggal 28 Mei 2013 ,yang kedua 4 Juni 2013 yang ke tiga tanggal 11 Juni 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, yang berhubungan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasi belajar menghargai perjuangan para tokoh kemerdekaan. Dari hasil penelitian peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas V SDN Simokerto V Surabaya dari 72 pada siklus 1 menjadi 78,79 pada siklus 2, atau terjadi kenaikan sebesar 6,79 atau sebesar 24,14% setelah diadakan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dari penelitian diatas dapat kami simpulkan adanya peningkatan aktifitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS.