PENERAPAN MEDIA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERSENTASE PADA KELAS V SDN BARUREJO I KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | NURASIH, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27329/1/jiptummpp-gdl-srinurasih-33188-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27329/2/jiptummpp-gdl-srinurasih-33188-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27329/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi persentase kelas V SDN Barurejo I. Metode yang selama ini digunakan adalah ceramah diskusi dan tanya jawab tanpa variasi lainnya sehingga menimbulkan kejenuhan dan tidak merangsang perkembangan kreativitas peserta didik. Guru juga tidak memanfaatkan penggunaan media pembelajaran apapun dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk memudahkan pemahaman siswa. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu metode/ media pembelajaran yang tepat yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media dari bahan manipulatif diharapkan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menyampaikan materi persentase. Pentingnya penggunaan media manipulatif dalam pembelajaran matematika, menuntut guru untuk menyediakan dan menggunakan media manipulatif sesuai dengan standar-standar yang diacu agar pembelajaran matematika lebih efektif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media manipulatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran persentase dan untuk mendeskripsikan ada dan tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media benda manipulatif pada materi persentase. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu Lembar Kerja Siswa dan Lembar Evaluasi, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa setelah diterapkannya media manipulatif secara maksimal diperoleh peningkatan hasil belajar. Karena pada siklus I, siswa yang dikatakan sudah tuntas belajar hanya 7 dari 11 siswa. Tetapi pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 siswa dari 11 siswa. Sehingga prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I 63,63% menjadi 100% pada Siklus II demikian pula rata- rata meningkat dari Siklus I 64,54 menjadi 74,54 pada siklus II. Hal ini menunjukkan metode yang digunakan sudah berhasil dan sesuai dengan kondisi kelas. Kata Kunci: Media Manipulatif, Hasil Belajar