PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SDN KEDUKBEMBEM

Main Author: SUMARIYEM, ANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27326/1/jiptummpp-gdl-anisumariy-33189-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27326/2/jiptummpp-gdl-anisumariy-33189-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27326/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Metamatika di Kelas II SDN Kedukbembem pada Kompe-tensi Dasar melakukan perkalian bilangan cacah, sebagian besar siswa kesulitan dan tidak merasa senang dengan pembelajaran Matematika yang telah dil-aksanakan. Data-data tersebut dikuatkan dengan hasil belajar siswa setelah dieval-uasi tidak memuaskan. Tercatat hanya 7 siswa dari 14 siswa atau (50%) yang tuntas dengan KKM 60, sedangkan yang 7 siswa dari 14 siswa (50%) belum tuntas. Kondisi yang sudah dipaparkan diatas, perlu diadakannya pendekatan atau metode yang lebih inovatif. Pendekatan Matematika Realistik diindikasikan dapat menyelesaikan permalasahan yang dihadapi siswa Kelas II SDN Kedukbembem. Hal ini sesuai dengan karakteristik Pendekatan Matematika Realistik seperti yang diungkapkan oleh Suryanto (dalam Nyimas Aisyah, 2007 : 7.7) dengan cara siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan sesuai dengan jalan pikirnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa dan guru kelas II SD Negeri Kedukbembem. Waktunya semester II tahun 2013. Pengumpulan data dengan ob-servasi langsung selama tindakan dan hasil tes kemampuan siswa. Setelah dilaksanakan Pendekatan Matematika Realistik pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (71%) dan yang belum tuntas 4 siswa (29%). Kemudian diadakan siklus II hasil belajar mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa (93%) dan yang belum tuntas 1 siswa (7%). Kesimpulan : Penanganan masalah yang dihadapi siswa Kelas II SD dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika tentang “Perkalian Bilangan Cacah” melalui Pendekatan Matematika Realistik perlu dilakukan secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasai kompetensi yang berhubungan dengan kegiatan matematisasi atau proses matematikakan dunia nyata. Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II SDN Kedukbembem dalam pembelaja-ran Matematika tentang perkalian bilangan cacah secara efektif. Kata kunci : Bilangan Cacah, Pendekatan Matematika Realistik, Matematisasi.