PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BAWANGAN I KECAMATAN PLOSO KABUPATEN JOMBANG

Main Author: HERAWATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27325/1/jiptummpp-gdl-herawati20-33191-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27325/2/jiptummpp-gdl-herawati20-33191-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27325/
Daftar Isi:
  • Sebagai salah satu ilmu dasar, Ilmu pengetahuan yang berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya kegunaan ilmu Pengetahuan Alam dalam kehidupan sehari – hari. Pembahasan uraian penelitian ini adalah bagaimana cara guru meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan Langkah – langkah : perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, dan refleksi pada masing – masing langkah menggunakan dua siklus. Hasil penelitian dari siklus I hanya 56% atau 3 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dari 7 siswa sedang 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Karena belum mencapai KKM maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus 2 terdapat peningkatan yang signifikan yaitu 86% siswa telah menguasai kompetensi yang telah ditetapkan. Dari jumlah 7 siswa sebanyak 6 siswa sudah memenuhi KKM yang ditetapkan. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN Bawangan I Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. Kata Kunci : Melaksanakan pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi.