PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN KARTU PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SDN KATEMAS I KEMBANGBAHU LAMONGAN

Main Author: Santoso, Joko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27324/1/jiptummpp-gdl-jokosantos-33218-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27324/2/jiptummpp-gdl-jokosantos-33218-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27324/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SDN Katemas I Kembangbahu Lamongan melalui metode bermain kartu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV,guru kelas IV dan dokumen. Pengumpulan data mengunakaan observasi,tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisa data menggunakan teknik deskripsi komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain kartu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SDN Katemas I Kembangbahu Lamongan. Dari kondisi awal sebelum tindakan penelitian rata-rata prestasi siswa tergolong rendah, hanya satu siswa (25%) yang mencapai ketuntasan dari jumlah keseluruhan jumlah kelas IV. Setelah penelitian ini dilaksanakan, terjadi peningkatan prestasi belajar metematika siswa kelas IV SDN Katemas I Kembangbahu Lamongan yaitu mencapai 75%. Kata Kunci :metode bermain kartu, prestasi siswa, pembelajaran Matematika.