PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG SISWA KELAS IV DI SDN SUKOSARI KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN
Main Author: | WAHID, ABD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27320/1/jiptummpp-gdl-abdwahid20-33258-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27320/2/jiptummpp-gdl-abdwahid20-33258-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27320/ |
Daftar Isi:
- Suatu proses pembelajaran diartikan sebagai proses yang diatur sedemikian rupa menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan dan kompetensi dasar dapat tercapai secara efektif. Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan dengan dikuasainya materi pelajaran oleh siswa. Jika alat ukur yang dipakai adalah nilai, maka pembelajaran itu dikatakan berhasil jika nilai 75% nilai siswa diatas standar ketuntasan maksimal (SKM) yang ditetapkan guru dan berdasarkan KKM yang ditentukan sekolah dan guru kelas. Hasil evaluasi pembelajaran siswa kelas IV SDN Sukosari, Kecamatan Mantup pada materi operasi hitung yang melibatkan uang menunjukkan hasil yang tidak memuaskan dari 17 siswa hanya 5 siswa yang berhasil mendapatkan nilai di atas 65, ini berarti belum memenuhi target KKM (Kreteria Kentuntasan Minimal) yang ditetapkan sekolah. Dari pengamatan itu, maka perlunya suatu metode pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dan menjadikan hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Mengajar) yang ditetapkan Sekolah maupun kelas. Oleh karenanya metode pembelajaran bermain peran jual beli akan diterapkan dalam perbaikan pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Penerapan penggunaan metode bermain peran pada materi operasi hitung siswa kelas IV SDN Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, dilaksanakan oleh peneliti dengan mendisain kegiatan belajar mengajar layaknya di pasar, dalam hal ini sebagaian siswa berperan sebagai pembeli dan sebagaian siswa berperan sebagai penjual, dalam kegiatan pembelajaran ini suasana pasar sangat lekat, adanya tawar menawar antara pembeli dan penjual mengakibatkan suasana pembelajaran sangat ramai. Melalui bimbingan dan penjelasan guru bahwa tujuan dari kegiatan pembelajaran ini adalah siswa bisa dan menguasai materi hitung dengan baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung siswa kelas IV SDN Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, bisa dilihat hasil belajar siswa, dari 17 siswa hanya 5 siswa (29,4%) yang tuntas dan 12 Siswa (70,6%) yang belum tuntas (pra siklus), pada siklus I dari 17 siswa hanya 9 siswa (52,9%) yang tuntas dan 8 Siswa (47,0%) yang belum tuntas, pada siklus II dari 17 siswa 14 siswa (82,3%) yang tuntas dan 3 Siswa (17,8%) yang belum tuntas, ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan.