PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA TENTANG TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS II DI SDN KLOMPANG BARAT II KABUPATEN PAMEKASAN
Main Author: | TASLIMAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27315/1/jiptummpp-gdl-taslimah20-33272-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27315/2/jiptummpp-gdl-taslimah20-33272-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/27315/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan siswa pada mata pelajaran IPA terutama pada materi ”mengenal tubuh hewan dan tumbuhan” setelah diadakan evaluasi diperoleh hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. lebih dari 35%, dari jumlah 14 siswa tidak tuntas dalam belajarnya atau tidak mencapai target KKM yang sudah ditentukan. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan merubah metode yang dipakai guru yaitu dengan penggunaan metode demonstrasi, dengan harapan nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Tubuh Hewan dan Tumbuhan Pada Siswa Kelas II SDN Klompang Barat? 2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA Pokok Bahasan Tubuh Hewan dan Tumbuhan Pada Siswa Kelas II SDN Klompang Barat II? Sesuai dengan rumusan penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Tubuh Hewan dan Tumbuhan Pada Siswa Kelas II SDN Klompang Barat. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan Tubuh Hewan dan Tumbuhan Pada Siswa Kelas II SDN Klompang Barat II. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif. Sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas II dalam pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan Tubuh Hewan dan Tumbuhan ada peningkatan yang sangat baik. Aktifitas siswa dalam pembelajaran Pada siklus I mencapai 75% sedangkan pada siklus II mencapai 90,62 %,. Rata-rata hasil belajar siswa kelas II SDN Klompang Barat II Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Pada siklus I mencapai 70,35 sedangkan pada siklus II mencapai 78,57. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42%, dan siklus II ada peningkatan yaitu mencapai 85,71%. Dengan demikian melalui penggunaan metode demonstrasi aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Tubuh Hewan dan Tumbuhan terdapat peningkatan. Kata Kunci: hasil belajar, aktivitas belajar, dan metode demonstrasi.