PENGGUNAAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS III SDN PACAR KEMBANG II-193 SURABAYA
Main Author: | KUSUMAWATI, ERMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27313/1/jiptummpp-gdl-ermakusuma-33274-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27313/2/jiptummpp-gdl-ermakusuma-33274-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27313/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil pembelajaran matematika dikatakan rendah karena memperoleh hasil sebesar 53% (16 siswa). Hal ini mungkin dikarenakan ketidaktepatan media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, guru hanya sebagai sumber informasi, pembelajaran hanya berpusat pada guru serta guru hanya berfokus pada buku paket sehingga siswa tidak aktif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media dakon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pacar Kembang II-193 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas tiga yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 13 anak perempuan di SDN Pacar Kembang II-193 Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis dapat menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus. Siklus I memperoleh sebesar 67,5% dan 91,3% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 75% dan pada siklus II memperoleh 92,9%. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswal pada siklus I sebesar 73,3% siswa tuntas dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 93,3% siswa tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pacar Kembang II-193 Surabaya. Kata Kunci : Matematika, media dakon, hasil belajar sis