PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA SISWA KELAS V-C SDN GADING I SURABAYA
Main Author: | INDRIANI, I’IN NOVI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27311/1/jiptummpp-gdl-iinnoviind-33304-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27311/2/jiptummpp-gdl-iinnoviind-33304-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27311/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN Gading I Surabaya masih bersifat konvensional. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah menggunakan metode ceramah, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan kemudian mengerjakan tugas atau evaluasi. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa hampir 50% nilai IPA dari 49 siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu, peneliti berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan melakukan pembaruan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk materi perubahan sifat benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA materi perubahan sifat benda di kelas V-C SDN Gading I Surabaya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VC SDN Gading I Surabaya yang berjumlah 49 siswa. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 kali siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Masing- masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yaitu persentase aktivitas siswa sebesar 65,18 % menjadi 84,64 %, persentase aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 78,75% menjadi 91,25%. Afektif siswa dalam kelompok mengalami peningkatan sebesar 78,13% menjadi 91,25%, kemampuam motorik siswa mengalami peningkatan sebesar 77,34% menjadi 92,19%. Hasil tes hasil belajar pada siswa kelas VC SDN Gading I Surabaya pada materi perubahan sifat benda dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah mengalami peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata tes hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus 1 sebesar 74,63 yang mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu sebesar 87,63 Ketuntasan belajar siswa pada siklus I diketahui sebesar 63,27% siswa tuntas belajar dan 36,73% siswa masih belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 93,88%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 6,12%. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, PBI