PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VI SDN GADING VIII TAMBAKSARI SURABAYA

Main Author: Saiyah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27310/1/jiptummpp-gdl-nursaiyah2-33305-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27310/2/jiptummpp-gdl-nursaiyah2-33305-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27310/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hal ini terbukti bila diadakan evaluasi hasil dari 40 siswa yang menguasai hanya 20 siswa berarti hanya mencapai 50 persen yang menguasai, belum bisa di katakan sudah mencapai KKM. Masalah yang akan dibahas adalah hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Gading VIII Tambaksari Surabaya. Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika sehingga siswa lebih senang dan mudah memahami materi pelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan lebih kreatif dan aktif dalam pembelajaran sehingga lebih mudah dalam belajar. Peningkatan Hasil Belajar adalah hasil suatu proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. baik yang bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Matematika adalah ilmu logika tentang bentuk susunan,besaran dan konsep-konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya.Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD adalah pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan,interaksi yang silih asuh untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan Penelitian Tindakan Kelas dengan mempergunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah siswa 40 anak dan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan yaitu yang pertama tanggal 18 Maret 2013 , yang ke dua tanggal 1 April 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara yang berhubungan dengan peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari hasil penelitian peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VI SDN Gading VIII Tambaksari Surabaya dari 74,359 pada siklus 1 menjadi 78,6935 pada siklus 2, atau terjadi kenaikan sebesar 4,3345 atau sebesar 5,829% setelah diadakan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari penelitian diatas dapat kami simpulkan adanya perubahan tingkah laku yang positif, menjadi lebih siap menerima pembelajaran, bahkan mereka menjadi aktif dan sangat antusias dalam menerima dan mengikuti pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.