PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS II DI SDN PACARKEMBANG III/194 KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: SULISTIN, RARIK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27309/1/jiptummpp-gdl-rariksulis-33306-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27309/2/jiptummpp-gdl-rariksulis-33306-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27309/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan pelajaran yang ditakuti oleh kebanyakan siswa dan tidak disukai. Hal ini karena matematika berisi angka-angka dan symbol-simbol yang bersifat verbalisme sehingga membuat anak boson dan tidak tertarik untuk mempelajarinya. Bagi siswa kelas II yang masih suka dengan permainan sesuai dengan karakter sifat siswa kelas rendah, matematika akan lebih menarikjika di kemas dengan metode dan media yang memotivasi siswa untuk mempelajarinya. Menurut teori belajar beberapa ahli hal ini dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan siswa dalam penanaman konsep metematika, khususnya materi menghafal fakta dasar perkalian, yang menjadi tujuan dan tindakan kelas yang akan dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti menggunakan dua media yaitu table perkalian dan kartu bilangan. Peningkatan kemampuan dan aktivitas guru dicatat dalam catatan harian yang menjadi acuan dalam perbaikan pembelajaran dan media yang dimanfaatkan oleh penelitian di kelas II SDN Pacarkembang III telah menunjukkan peningkatan kemampuan siswa terutama materi perkalian. Siswa menghafal fakta dasar perkalian lebih cepat dan tidak membosankan. Kata kunci : Kartu bilangan