PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CUACA SISWA KELAS III SDN PLOSOGENENG II KECAMATAN JOMBANG

Main Author: AZIZAH, DWI NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27307/1/jiptummpp-gdl-dwinuraziz-33308-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27307/2/jiptummpp-gdl-dwinuraziz-33308-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27307/
Daftar Isi:
  • Peningkatan mutu pendidikan dapat diupayakan dengan berbagai cara, diantaranya dengan penggunaan media dan metode dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi pelajaran yang membutuhkan adanya pembuktian dan pemahaman konsep. Karena siswa SD perlu diberikan kesempata untuk berlatih ketrampilan–ketrampilan proses. Seperti halnya pada pembelajaran IPA, dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa siswa SD yang masih dalam tahapan operasional konkret artinya membutuhkan proses pembelajaran yang menarik dan merangsang pola pikir agar mereka dapat mencerna materi pembelajaran secara optimal dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Penelitian ini merupakan upaya ilmiah sistematis untuk mengembangkan praktik Metode Jigsaw dengan melakukan berbagai tindakan praktis dalam pembelajaran terprogram. Dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Plosogeneng II Kecamatan Jombang sebanyak 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, studi dokumenter dan dokumentasi dalam mengamati proses pembelajaran. Metode tes untuk mengetahui kemampuan siswa. Hasil pengolahan data yang didapatkan akan menunjukkan bahwa ada pengaruh dalam penerapan metode jigsaw ini terhadap hasil belajar. Dan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : metode jigsaw, hasil belajar, pembelajaran IPA