PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI MEDIA BUATAN SISWA PADA KELAS V SD NEGERI TANJUNG II PEGANTENAN PAMEKASAN

Main Author: MATHERI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27305/1/jiptummpp-gdl-matheri201-33310-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27305/2/jiptummpp-gdl-matheri201-33310-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27305/
Daftar Isi:
  • Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar. Makin banyak siswa yang terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukan dalam bentuk interaksi belajar mengajar. Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Bagaimana penerapan pembelajaran mengenal bangun datar melalui metode demonstrasi dan penggunaan media buatan siswa pada kelas V SD Negeri Tanjung II Pegantenan Pamekasan?. (b) Bagaimana peningkatan hasil belajar mengenal bangun datar melalui metode demonstrasi dan penggunaan media buatan siswa pada kelas V SD Negeri Tanjung II Pegantenan Pamekasan?. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran mengenal bangun datar melalui metode demonstrasi dan penggunaan media buatan siswa pada kelas V SD Negeri Tanjung II Pegantenan Pamekasan. (b)Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mengenal bangun datar melalui metode demonstrasi dan penggunaan media buatan siswa pada kelas V SD Negeri Tanjung II Pegantenan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan reflesi. Sasaran penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri tanjung II Pegantenan Pamekasan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengenal bangun datar melalui metode demonstrasi media buatan siswa menunjukkan hasil yang maksimal dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu, siklus I = 65% dan siklus II = 85% (dari siklus I ke siklus II naik 20%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Tanjung II Pegantenan Pamekasan. Kata Kunci : media buatan siswa, bangun datar, metode demonstrasi, dan hasil belajar