MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL UANG MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN PALALANG III PAMEKASAN
Main Author: | FAUZI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27298/1/jiptummpp-gdl-fauzi20101-33317-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27298/2/jiptummpp-gdl-fauzi20101-33317-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27298/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas III SDN Pelalang III Pamekasan pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang menunjukkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Hal ini dibuktikan 9 siswa ( 45 %) yang berhasil mencapai nilai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Ajaran 2011/2012 yang telah ditetapkan 65, sebanyak 11 siswa ( 55 %) masih belum tuntas. Ketuntasan belajar secara klasikal berada dibawah standar yang ditetapkan yaitu 80%. Penyebab terjadinya berbagai permasalahan pada saat kegiatan pembelajaran tersebut adalah Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, Banyak siswa yang tidak dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru, Kurangnya siswa dalam merespon materi pelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi hal yang demikian diperlukan penggunaan media gambar dalam pembelajaran mengenal uang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SDN Palalang 3 Pamekasan pada mata pelajaran IPS tentang ”mengenal uang” Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah siswa 20 orang. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan test tulis, lembar observasi dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 20 siswa yang mengikuti tes ada 9 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 45% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 18 siswa yang memperoleh nilai ≥ nilai KKM dengan persentase 90% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Media gambar, Hasil Belajar. Uang.