MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS IV SDN POTOAN LAOK II PAMEKASAN
Main Author: | HAMIDAH, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/27296/1/jiptummpp-gdl-hamidah201-33319-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/27296/2/jiptummpp-gdl-hamidah201-33319-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/27296/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN. Potoan Laok II Pamekasan pada mata pelajaran Matematika menunjukkan bahwa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, sebagian siswa kurang bersemangat, aktivitas belajarnya rendah, sebagian siswa terkadang mengobrol dengan temannya dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh gurunya. Berbagai permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa pada materi menjumlahkan bilangan bulat tahun pelajaran 2011/2012 dengan persentase kelulusannya hanya 28,94%, sedangkan persentase ketidaklulusan mencapai 71,05% sehingga siswa dikatakan belum tuntas belajar secara klasikal. Penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah guru menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik, monoton ceramah dan diskusi, dan terkadang model yang digunakan kurang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN. Potoan Laok II Pamekasan pada materi menjumlahkan bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari 41 siswa yang mengikuti tes ada 18 siswa yang memperoleh nilai > nilai KKM dengan persentase 43,90% di siklus 1 sehingga dikatakan siswa belum tuntas belajar secara klasikal, kemudian meningkat menjadi 37 siswa yang memperoleh nilai > nilai KKM dengan persentase 90,24% di siklus 2 sehingga dikatakan siswa tuntas belajar secara klasikal. Kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Matematika.