PENINGKATAN HASIL BELAJAR ENERGI GERAK AKIBAT PENGARUH UDARA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN.TANJUNG II PEGANTENAN PAMEKASAN

Main Author: MATHALIH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27294/1/jiptummpp-gdl-mathalih20-33329-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27294/2/jiptummpp-gdl-mathalih20-33329-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27294/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan kegiatan belajar mengajar sangat di pengaruhi oleh strategi dan perencanaan yang dilakukan oleh guru sebagai pelaksana pendidikan. Dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan di sekolah tersebut,guru berperan penting dalam menggunakan model pembelajaran dan cara untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran dengan melalui Metode Demonstrasi. Karena sejauh ini pendidikan di Indonesia masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber pengetahuan utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadikan pilihan utama strategi belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar tentang energi gerak pada siswa kelas IV SDN Tanjung II. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, dan test tulis. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskritif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus selanjutnya Hasil perbaikan siklus I tentang materi energi gerak akibat pengaruh udara melalui metode demonstrasi masih kurang dari kriteria ketuntasan siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 anak atau 63,16% secara klasikal dikatakan belum tuntas. Pada siklus II siswa sudah ada perkembangan, lebih aktif, cepat tanggap dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas dimana siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 anak atau 78,95% hal ini berarti ketuntasan secara klasikal sudah mencapai memenuhi. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran siklus I sampai dengan siklus II menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi energi gerak akibat pengaruh udara melalui metode demonstrasi secara keseluruhan menunjukkan hasil yang maksimal, Kata kunci, Hasil Belajar, Energi gerak, Metode demonstrasi.