IMPLEMENTASI MEDIA PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV MI ULWIYAH SIDOWAYAH KECAMATAN SUGIO KABUPATEN LAMONGAN

Main Author: THOYIBAH, FAIZATUN NIKMAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/27288/1/jiptummpp-gdl-faizatunni-33338-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27288/2/jiptummpp-gdl-faizatunni-33338-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/27288/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran masih menggunakan model – model lama sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran akhirnya siswa merasabosan dan sulit menerima pelajaran. Sulitnya siswa menerima pelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar secara langsung berpengaruh pula pada aktifitas belajarnya akibatnya prestasi belajar siswa rendah. Untuk itu perlu adanya model pembelajaran yang lebih kreatif untuk mendukung proses pembelajara serta dapat menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran sehingga siswa mudah memahami materi dan hasil belajar lebih baik berpengaruh juga pada prestasi belajar yang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi daur hidup hewan melalui media picture and picture kelas IV MI Ulwiyah Sidowayah belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran metode demontrasi Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan , Pelaksanaan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ulwiyah Sidowayah Kecamatan sugio Kabupaten Lamongan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada siklus 1 diperoleh hasil nilai rata-rata 65 , dengan prosentase ketuntasan belajar 57,5 % , dari 6 siswa sebanyak 2 anak yang mencapai ketuntasan belajar dan 4 anak belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Berdasarkan hasil pengamatan keaktifan siswa , pada siklus I ini hanya mencapai 13,17% Setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II diperoleh hasil nila rata – rata 70,67. Berarti prosentase ketuntasan dalam belajar mencapai 83% , karena dari 6 siswa seluruhnya sudah tuntas, maka penggunaan media picture and picture mampu meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam materi memahami materi daur hidup pada pelajaran IPA kelas IV MI Ulwiyah Sidowayah Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan.